Masjid Moeldoko

Diskripsi

Masjid Moeldoko termasuk masjid baru di Jombang. Didirikan atas pendanaan sepenuhnya mantan Panglima TNI Jendral Moeldoko atas kecintaannya terhadap masa remajanya di Jombang. Meski bergaya mirip Turki Usmani, masjid ini tidak dinamai kearab-araban seperti nama masjid pada umumnya,. Masjid ini dinamai Masjid Moeldoko seperti nama Sang Jendral, yang pernah mencicipi jabatan tertinggi karir seorang prajurit di negeri ini. Jendral Moeldoko menambah rentetan orang penting di Indonesia yang pernah mencicipi teduhnya suasana di Kota Santri.

Ya, Jendral Moeldoko memang lahir di Kediri, namun menghabiskan masa remajanya di Jombang. Dulunya beliau ikut tinggal bersama kakaknya di Kota Santri dan bersekolah di SMA 2 Jombang. Selama perjalanan dari Kediri ke Jombang, beliau selalu melewati rute ini ketika naik bus umum antarkota. Dari sinilah kenangan itu dibangkitkan beliau dengan mendirikan sebuah masjid yang juga berfungsi sebagai rest area untuk para musafir dalam perjalanan.

Masjid Moeldoko ini diresmikan 1 Juni 2016 setelah dua tahun pembangunannya. Pasca diresmikan, masjid ini yang dibangun diatas tanah pemerintah daerah ini kemudian diwakafkan dan dikembalikan pengelolaannya pada PemKab Jombang. Dengan ukuran 30×30 meter persegi, masjid yang memang lokasinya dipilih  karena berada di titik tengah antara Jombang dan Kecamatan Purwoasro Kediri yang merupakan tempat kelahiran Jendral Moeldoko yang masing-masing berjarak 10 km.